Cara memasang marmer atau granit sebenarnya sama karena memang keduanya merupakan material yang terbuat dari batu alam sehingga proses pemasangannya juga mirip. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk memasang marmer atau granit yaitu dengan cara basah ataupun dengan cara kering. Kedua cara ini juga sebenarnya sama, namun perekat yang digunakan saja yang berbeda. Banyak pemilik rumah yang ingin menggunakan marmer atau granit karena kedua bahan tersebut membuat rumah terlihat cantik dan mewah. Terlebih lagi terdapat berbagai pilihan warna granit serta marmer yang dapat dipilih sehingga Anda tidak akan kehabisan pilihan warna untuk dipasang di berbagai sudut rumah.

Trik cara pasang granit dan marmer sistem basah

Karena ada dua cara pasang marmer dan granit yang dapat digunakan, pertama-tama kita akan membahas sistem basah terlebih dahulu. Cara pasang dengan sistem basah ini dapat dilakukan untuk memasang marmer atau granit untuk permukaan yang letaknya horizontal seperti lantai.

  1. Gunakan pelindung dan siapkan alat

Sebelum mulai bekerja, lebih baik gunakan dulu pelindung yang akan menjaga Anda dari kecelakaan. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan agar cara kerja menjadi lebih lancar.

  1. Persiapkan granit atau marmer

Sebelum dipasang, lebih baik persiapkan pula granit atau marmernya. Pastikan granit atau marmer dalam kondisi terbaik, tidak ada goresan pada permukaannya serta tidak ada retakan yang akan membuat granit atau marmer pecah saat dipasang. Jika ada kerusakan pada granit atau marmer yang akan digunakan coba untuk mengembalikannya ke supplier karena terkadang mereka memberikan garansi untuk mengganti granit atau marmer yang rusak dengan yang baru.

  1. Periksa keseragaman warna

Seperti diketahui granit atau marmer merupakan batuan alam, karena itulah warnanya juga berbeda antar satu batu dengan yang lainnya. Untuk memastikan hasil akhirnya nanti menjadi lebih cantik, lebih baik memeriksa dulu keseragaman warna antar satu bahan dengan lainnya. Terlebih karena warna granit memiliki berbagai gradasi yang sehingga harus benar-benar diseragamkan antar setiap granit agar cocok satu dengan lainnya.

  1. Periksa keseragaman tekstur

Khusus untuk bahan marmer, akan memiliki alur tekstur tersendiri. Meskipun tekstur inilah yang membuat marmer menjadi lebih cantik, namun juga membuat cara pasang marmer basah menjadi sedikit rumit. Anda harus menyeragamkan arah dan alur tekstur tersebut agar semuanya sama dan menyatu.

  1. Beri kode

Agar tidak salah, gelarlah semua bahan granit atau marmer tersebut sehingga terlihat pola akhirnya nanti. Dengan demikian Anda dapat mencocokkan setiap posisi bahan granit atau marmer dengan pola yang diinginkan. Selanjutnya berilah kode untuk setiap bahan tersebut agar Anda tahu dimana harus meletakkannya sesuai dengan polanya.

  1. Gambar pola

Setelah mengetahui polanya, Anda juga harus menggambar pola tersebut di lantai agar tahu posisi yang tepat untuk memasang bahan granit atau marmer tersebut. Tali berkapur dapat digunakan untuk menggambar pola dengan lebih mudah karena Anda tinggal menjepretkannya saja untuk menggambar garis lurus di lantai.

  1. Siapkan cairan perekat

Karena cara pemasangan lantai marmer atau granit ini menggunakan sistem basah, maka Anda akan menggunakan cairan sebagai bahan perekatnya. Siapkan cairan perekat sesuai dengan bahan yang akan Anda pasang baik itu granit atau marmer. Kemudian gunakan roskam bertakik untuk mengoleskan cairan perekat ini ke dinding.

  1. Pasang bahan granit atau marmer

Setelah perekat siap segera pasang bahan granit atau marmer sesuai dengan pola yang sudah direncanakan tadi. Karena menggunakan cairan perekat untuk memasangnya, maka Anda harus membiarkan cairan tersebut kering selama satu atau dua hari dulu sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

  1. Isi nat dan finishing

Selanjutnya gunakan nat untuk mengisi celah diantara bahan granit atau marmer yang digunakan. Biarkan nat tersebut kering selama sehari dulu sebelum melakukan proses finishing sesuai dengan bahan yang Anda gunakan baik itu bahan granit atau marmer.

Trik cara pasang granit dan marmer sistem kering

Cara pasang yang kedua adalah cara pasang dengan sistem kering yang digunakan untuk memasang granit atau marmer di permukaan yang vertikal seperti dinding. Caranya sebenarnya sama namun perekat yang digunakan saja yang berbeda.

  1. Tandai posisi dan pasang kawat, paku dan angkur

Setelah gambar pola selanjutnya siapkan perekat. Perekat yang digunakan untuk sistem kering adalah kawat dan angkur karena itulah Anda harus menandai posisi kawat, paku dan angkur di dinding baru kemudian memasang semuanya ke dinding.

  1. Pasang bahan granit atau marmer

Untuk memasang bahan granit atau marmer sebelumnya perlu diberi lubang baru kemudian tinggal mengaitkannya ke angkur.

  1. Isi nat dan finishing

Demikianlah cara memasang marmer atau granit yang dapat dilakukan dengan sistem kering ataupun sistem basah.