Cara membersihkan granit kamar mandi sedikit lebih memerlukan fokus dibanding dengan ruang atau kamar-kamar lainnya. kamar mandi sangat perlu dijaga kerapian dan kebersihannya karena merupakan spot yang rawan kotor di rumah selain dapur. Pengaplikasian granit pada langai, dinding ataupun list pada kamar mandi akan membuat tampilannya lebih mewah dan elegan. Pemilihan warna terang dengan kombinasi senada akan semakin mempertegas sisi kebersihan dan rapi kamar mandi tersebut. Namun karena sangat rawan dan mudah kotor, maka perlulah proses pembersihan dan perawatan grant kamar mandi yang tepat suaya selalu terlihat indah.

 

Cara Membersihkan Granit Kamar Mandi

Kebersihan dan kerapian tata letak kamar mandi merupakan dua hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan serta dalam menciptakan nuansa nyaman saat berada di dalamnya. Berikut ini terdapat beberapa cara merawat batu granit dan menjaga cara membersihkan batu granit yang diaplikasikan pada kamar mandi supaya selalu bersih dan menampilkan kilap yang sarat dengan keindahan.

  • Bersihkan secara teratur setiap hari

Kamar mandi merupakan spot yang sangat rentan untuk memperoleh berbagai kotoran yang ditimbulkan oleh sabun, pasta gigi dan masih banyak lagi. Untuk itu, apabila kamar mandi terbuat dari granit, lakukan perawatan dan jaga selalu kebersihannya supaya tampilannya selalu terlihat bersih dan elegan. Hendaknya memilih bahan granit dengan karaktersitik khusus sebelum memasangnya pada kamar mandi. Hal ini sangat perlu dilakukan karena granit akan selalu berhubungan dengan air, detergen dan lain-lain. Bisa juga noda dapat muncul di kamar mandi sehingga perlu stain remover yang sudah banyak tersedia di toko bangunan atau toko khusus perawatan granit. Bersihkan lantai, dinding dan lis kamar mandi secara teratur setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  • Gunakan soda kue dan hindari bahan pembersih yang mengandung asam berlebih

Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan pada granit di kamar mandi, cobalah untuk megaplikasikan soda kue sebagai cara membersihkan granit dari noda dengan bahan alami yakni soda kue. Langkah ini dapat dengan sangat mudah dilakukan yakni dengan membuat pasta soda kue kemudian dioleskan pada noda yang sulit dihilangkan. Setelah itu, diamkan selama semalam dan pada pagi harinya bersihkan serta bilas dengan air bersih. Jika masih bingung dalam membuat pasta dari soda kue, caranya sangat mudah yakni tinggal mencampurkan serbuk soda kue secukupnya dengan air secukupnya, kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, pasta soda kue sudah siap digunakan.

  • Menggunakan bahan pembersih untuk noda membandel

Apabila dengan soda kue masih belum mempan, berarti harus menggunakan bahan pembersih yang sudah banyak tersedia di toko-toko bangunan atau toko khusus perawatan granit. Bahan pembersih khusus granit biasanya tersedia dalam dua pilihan yaitu cairan dan serbuk. Perlu diingat lagi untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pemilihan pada obat pembersih yang berwujud cairan ataupun serbuk. Perhatikan komposisi utama pembuatan obat tersebut supaya tetap aman digunakan. Jika salah dalam memilih obat pembersih, yang ada justru granit akan mengalami kerusakan seperti terkikis permukaannya, tergores, warna menjadi kusam dan luntur atau lain sebagainya. Yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan pembersih adalah bebas dari kandungan asam yang bersifat abrasif. Jika dipaksakan untuk menggunakan bahan pembersih mengandung asam abrasif, maka granit dapat dengan mudah terkikis dan akhirnya mengalami kerusakan yang sulit dibenahi.

  • Mengaplikasikan sealer khusus

Selanjutnya adalah cara membersihkan granit agar kinclong dan terjaga kilapnya. Terkadang ada produk granit yang sudah dilengkapi dengan sealer atau pelapis olesan ada juga granit yang masih dapat ditambah sealer untuk menjaga kilap atau kilauannya. Untuk mengetahui apakah granit pada kamar mandi Anda perlu ditambahkan sealer atau tidak, caranya dapat dilakukan dengan mudah. Cukup oleskan minyak goreng pada permukaan granit dan tunggu beberapa menit. Jika terjadi perubahan warna, menandakan bahwa granit memerlukan sealer atau pemoles dan sebaliknya. Pemberian selaer dapat dengan mudah dilakukan asal langkah-langkahnya sesuai dengan yang tertera pada petunjuk di kemasan.

Bahan sealer yang baik adalah terbuat dari bahan dasar air dengan pH normal sehingga meskipun diaplikasikan secara terus menerus dan berulang-ulang pada graniot tidak akan menimbulkan efek atau dampak negatif. Jangan salah dalam memilih bahan sealer granit yang baik karena jika kandungannya tidak cocok dengan karakteristik granit, justru granit akan mengalami kerusakan. Lakukan pemolesan atau pengaplikasian sealer pada granit kamar mandi minimal sekali dalam dua bulan. Dengan demikian, tampilan permukaan granit pada lantai, dinding, meja atau perabot lainnya akan menjadi semakin kinclong dan sealu terjaga kilapnya meskipun sudah lama dipasang.

Kamar mandi adalah spot yang paling enting untuk dijaga kebersihannya di dalam rumah. Pemilihan bahan granit untuk menampilkan sisi glamour kamar mandi adalah pilihan tepat. Namun perlu dilakukan cara membersihkan granit kamar mandi seperti penjelasan di atas supaya hasil tampilannya maksimal.