Panduan lengkap memilih ubin lantai marmer bisa membantu Anda untuk memilih material batu marmer yang tepat. Harga batu marmer sendiri relatif mahal, jadi sebelum Anda memilih marmer untuk penutup lantai, sebaiknya betul-betul pertimbangkan soal harganya apakah sudah sesuai dengan budget Anda. Sebetulnya marmer bisa dipasang untuk sebagian lantai rumah saja, misalnya di bagian lantai dapur atau kamar tidur maupun ruang tamu saja. Semuanya tergantung dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi memang ubin dari marmer biasanya terpasang di rumah-rumah yang mewah karena memberikan kesan elegan.

Ikutilah panduan lengkap memilih ubin lantai marmer berikut ini

Jenis marmer yang semakin langka maka harganya pun juga akan semakin tinggi. Misal Anda lebih memilih untuk memasang marmer lokal daripada marmer import, bukan berarti lalu marmer lokal akan jauh lebih murah ketimbang produk import karena hal tersebut juga bergantung dari tingkat kelangkaan jenis marmer. Selain soal kelangkaan, proses dengan tingkat kesulitan yang tinggi pun bisa membuat batu marmer ini menjadi sangat mahal.

Nah, sekarang beralih ke tips memilih ubin lantai marmer. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  • Saat Anda memilih bahan marmer, pastikan bahwa kandungan unsur materialnya harus seragam antara satu potongan dengan potongan lainnya. Biasanya untuk melakukan hal ini maka produsen batu marmer akan uji teknis pada marmer tersebut.
  • Perhatikan apakah terdapat banyak guratan keretakan di batu marmer tersebut karena jika iya maka batu marmer tersebut adalah marmer dengan kualitas rendah. Guratan keretakan ini bisa ditimbulkan dari proses eksplorasi bahan baku lantai marmer tersebut.
  • Yang terakhir adalah Anda perlu memperhatikan tekstur marmer itu sebab marmer dengan tekstur natural akan jauh lebih mahal dan eksklusif jika dibandingkan dengan tekstur marmer yang timbul dari buatan tangan/ pabrikan.

Untuk melihat hal-hal di atas saat memilih marmer, Anda cukup melihat bagian permukaannya saja. Jangan khawatir bahwa kualitas marmer lokal akan kalah dengan marmer import karena sekarang sudah banyak sekali produk-produk marmer lokal yang cocok dijadikan sebagai penutup lantai rumah/ gedung Anda. Yang menjadi andalan dari produk marmer lokal adalah biasanya batu marmer tersebut cenderung lebih natural dan tidak terlalu terkena oleh sentuhan tangan-tangan manusia/ pabrik.

Desain ubin lantai marmer yang menarik dan bagus

Setelah Anda sudah tahu cara memilih ubin lantai marmer yang baik, maka sekarang berlanjut ke bagian desainnya seperti warna, motif, tekstur, dan sebagainya. Hal ini penting sebab Anda juga pastinya tidak mau memiliki desain marmer yang kurang sesuai dengan rumah/ bangunan Anda bukan?

Berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan saat memilih ubin lantai marmer:

  1. Warna paling populer dari ubin lantai marmer saat ini seperti warna-warna natural semacam abu-abu, putih, emas, dan juga hitam. Warna-warna tersebut tersedia baik dari produksi lokal maupun import seperti buatan Italia. Pilihlah yang menimbulkan kesan sesuai dengan aura dan suasana rumah Anda.
  2. Gaya marmer yang kini sedang banyak dicari adalah marmer-marmer dengan desain dari Negara Inggris/ UK, Italia, India, Pakistan, dan juga marmer dari daerah lokal di Indonesia. Marmer ini bisa mempunyai desain heksagonal, Makrana berwarna putih, desain zebra ala Pakistan, dan sebagainya. Untuk produk lokal sendiri ada daerah penghasil marmer seperti Tulungagung di Jawa Timur serta Sulawesi Selatan.
  3. Aplikasi desain ubin lantai marmer harus disesuaikan dengan jenis ruangannya. Misalnya untuk bagian ruang tamu sebaiknya memilih padu padan 2 macam material lantai agar tersusunlah 2 pola yang berbeda sehingga semakin kelihatan menarik. Sedangkan untuk bagian kamar tidur, carilah warna marmer yang menimbulkan kesan rileks dan tenang seperti putih atau emas kecoklatan yang dapat memberikan nuansa hangat.
  4. Untuk bagian dapur sendiri, tips memilih desain ubin lantai marmer yang tepat akan menambah kesan elegan. Contohnya seperti pemilihan warna putih dengan motif hitam atau keabuan. Lalu untuk kamar mandi, sebaiknya memang lantai marmer dipasang untuk jenis kamar mandi tipe kering dan pemilihan warnanya bisa bermacam-macam mulai dari coklat muda, keabuan, sampai putih.

Ingat bahwa ketika Anda sudah memasang ubin lantai marmer ini, selalu lakukan perawatannya secara rutin apalagi marmer ini mudah terkena noda. Untuk Anda yang memasang marmer sebaiknya dipasang juga pelindung agar marmer tidak mudah tergores dan rusak.

Marmer mempunyai ukuran yang bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan ukuran ruangan Anda. Untuk pemasangannya sendiri disarankan Anda meminta bantuan mereka yang sudah profesional karena pemasangna ubin lantai marmer cukup sulit dan membutuhkan proses lama. Kalau tidak hati-hati maka akan terjadi kesalahan dan malah membuat marmer rusak. Demikian panduan lengkap memilih ubin lantai marmer, semoga bermanfaat.