Mengenal batu marmer lebih jauh adalah hal yang wajib dilakukan sebelum menjadikannya pilihan untuk diterapkan jadi salah satu perabot atau bahan bangunan untuk rumah kesayangan. Batu marmer merupakan salah satu jenis batu yang memiliki tampilan serta tekstur yang menarik. Tampilannya menajdi sangat semurna karena urat atau serat berkelok-kelok yang dimiliki sejak kemunculannya. Sama seperi batu lainnya, sebelum masuk ke dalam dunia poduksi, batu marmer bertekstur kasar dan warnanya kusam. Namun karena kamjuan teknologi dan tangan dingin manusia, setelah diolah pada industri dengan pemberian campuran berbagai zat kimia maka tampilan batu marmer menjadi seperti yang dapat dilihat saat ini. teksturnya sangat halus, tampilannya mengkilap dan memiliki urat yang jelas sebagai salah satu ciri khas dan keunikannya.

Jenis-Jenis Batu Marmer

Beranjak pada pengertian batu marmer terlebih dahulu, batu marmer merupakan salah satu batuan yang masuk dalam kategori batuan metamorf. Batu marmer dapat terbentuk karena beberapa susunan zat yang terkandung di dalamnya yaitu kalsium karbonat atau mineral kalsit sebagai penyusun utama, tremolit, klorit, silikat, hematika, mika, kuarsa dan limonit. Batu marmer memiliki beragam jenis yang mempengaruhi daya jual serta kualitasnya. Jenis-jenis batu marmer tersebut antara lain:

  • Carrara Marble

Jenis pertama adalah Carrara Marble yang merupakan jenis marmer yang berwarna putih murni. Jenis batu marmer ini dulu merupakan bahan dasar pembuatan patung atau air mancur oleh orang-orang Yunani dan hingga kini batu marmer jenis ini masih digunakan sebagai bahan pokok pembuatan kedua bangunan tersebut yakni patung dan air mancur.

  • Limestone

Limestone merupakan jenis marmer yang mempunyai warna beige atau kecenderungan coklat. Batu marmer jenis ini dapat terbentuk dari danau yang mengering dan manghasilkan banyak sekali batu marmer jenis ini.

  • Marmer Hijau

Untuk jenis yang ketiga yakni marmer hijau, batu marmer ini bukanlah batu marmer asli melainkan hasil modifikasi yang diolah dari batuan pertama atau serpentine. Kekurangan batu marmer jenis ini adalah tidak dapat bertahan lama seperti halnya marmer asli jenis lainnya.

  • Breksi

Marmer jenis breksi merupakan batu marmer yang terbentuk setelah adanya tanah longsor. Batuan ini juga disebut dengan nama lain yaitu Breche Nouvelle.

  • Faux Marbling

Faux marbling adalah teknik pembuatan lukisan pada permukaan yang bertampilan dan bertekstur seperti marmer. Umumnya teknik ini diterapkan pada dinding kantor, rumah atau bangunan lainnya.

  • Kertas Marbling

Hampir sama dengan faux marbling, kertas marbling adalah teknik menggambar permukaan yang terlihat sangat mirip defgan marmer. Baik dilihat dari segi tekstur, tampilan detail urat hingga warnanya yang sangat dominan dengan marmer asli.

Daftar Manfaat Untuk Mengenal Batu Marmer Lebih Jauh

Hingga kini batu marmer sangat diminati oleh masyarakat bahkan banyak pihak yang sudah berhasil mengekspor batu marmer untuk mencukupi kebutuhan masyarakat luar negeri akan batu marmer. Adapun segudang manfaat dari batu marmer dalam kehidupan sehari-hari yang dapat terangkum seperti berikut ini.

  • Sebagai bahan dasar pembuatan perabot

Perabot atau furniture rumah yang terbuat dari kayu nampaknya sudah terlihat biasa saja. Kini yang lebih trendy adalah menggunakan perabot yang terbuat dari batu marmer. Tekstur dan tampilan batu marmer membuatnya dapat dijadikan bahan pokok dalam pembuatan meja, tungku perapian, jendela, beberapa hiasan seperti patung dan masih banyak lagi. Selain dapat lebih mudah dibersihkan, perabot dari marmer juga dapat tahan lebih lama.

  • Sebagai bahan konstruksi bangunan

Karena memiliki motif yang dapat dilihat dari urat serta warna yang bagus dan menarik, batu marmer kini banyak dijadikan sebagai bahan konstruksi bangunan seperti untuk pembuatan lantai, bahan pelapis dinding atau pelapis interior maupun eksterior. Keunggulan batu marmer yang mudah dibersihkan, dapat tahan panas dan memiliki tampilan yang memukau rupanya menjadi alasan mengapa batu marmer kini semakin banyak dijadikan sebagai bahan bangunan.

  • Sebagai alat terapi

Selain berpenampilan elegan dan menarik, ternyata batu marmer juga dapat difungsikan sebagai alat terapi kesehatan. Batu marmer dan kandungan zat di dalamnya dapat meredakan pembengkakan dan melancarkan aliran darah dalam tubuh. Sedangkan jika dikombinasikan dengan batuan panas, akan sangat efektif berfungsi untuk meminimalisir penyempitan pembuluh darah dan mengurangi vasodilatasi.

  • Sebagai bahan dasar pembuatan nisan

Batu marmer memiliki tampilan menarik dan mudah dipotong, sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai batu nisan. Harga yang relatif terjangkau juga menjadi salah satu alasan.

  • Digunakan untuk pupuk

Ternyata sisa kapur dari bau marmer yang diolah dan disempurnakan pada industri dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk menyuburkan lahan pertanian. Pupuk dari serpihan kapur marmer ini dapat secara efektif menekan keasaman tanah sehingga dapat membuat tanah menjadi lebih subur dan hasil pertanian pun semakin melimpah.

Setelah mengenal batu mamer lebih detail melalui penjelasan di atas, maka kini dapat dipastikan tidak akan ragu lagi untuk memilihnya sebagai batu alam pilihan untuk menghias istana kecil Anda.