Cara pasang granit dinding yang benar perlu diketahui jika Anda ingin memasangkan bahan granit ke dinding rumah serta menghindari kerusakan pada granit itu sendiri. Granit sendiri memiliki tampilan yang sangat cantik dengan adanya corak warna yang menarik. Karena itulah banyak pemilik rumah yang menggunakan bahan granit sebagai pelapis permukaan dinding rumah agar menambah kecantikan tampilan dinding tersebut. Trik cara pasang granit untuk dinding yang benar adalah dengan menggunakan sistem kering. Sistem ini memang sengaja digunakan khusus untuk memasangkan bahan granit ke dinding.

Cara pasang granit dinding untuk mempercantik rumah

Seperti diketahui bahan granit merupakan batuan alam yang memiliki bobot cukup berat sehingga perlu sesuatu bahan yang bisa menahan bobot batu granit tersebut di dinding. Terlebih karena dinding merupakan permukaan yang vertikal sehingga bobot batu granit harus benar-benar ditahan jika tidak ingin jatuh. Bahan yang digunakan untuk menahan bobot batu granit tersebut di dinding adalah kawat serta angkur. Kedua bahan ini memang cukup kuat, dan setelah dipasangkan ke permukaan dinding maka akan dapat menahan bahan batu granit untuk tetap berada di posisi yang vertikal tersebut. Berikut adalah cara pemasangan granit yang benar menggunakan sistem kering:

  1. Persiapan

Pertama lakukan persiapan yang menyeluruh terhadap bahan dan peralatan yang dibutuhkan sehingga proses pemasangan granit ke dinding menjadi lebih lancar. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan keamanan seperti kaca mata dan sarung tangan jika diperlukan agar lebih terlindungi saat sedang bekerja.

  1. Pemeriksaan kondisi granit

Sebelum memasang bahan granitnya, terlebih dahulu periksalah kondisi granit tersebut. Rabalah permukaannya untuk memastikan tidak ada goresan yang akan mengganggu kecantikan permukaan bahan granit tersebut. Selain itu pastikan juga tidak ada retakan sekecil apapun pada bahan granit yang menyebabkannya mudah pecah saat dipasang. Tukarkan granit yang kondisinya kurang baik dengan yang baru.

  1. Pemeriksaan warna granit

Seperti diketahui granit memiliki berbagai kombinasi warna yang membuat batuan alam ini menjadi lebih indah. Namun karena memang kombinasi warnanya sangat beragam, Anda harus memastikan setiap bahan marmer yang akan dipasang memiliki kombinasi warna yang sama agar nanti hasil akhirnya seragam.

  1. Ratakan dinding

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan jika Anda ingin melakukan pemasangan granit pada dinding yang rata adalah dengan meratakan permukaan dinding tersebut. Langkah ini sangat penting karena jika Anda memasang bahan granit ke permukaan dinding yang tidak rata maka akan menyebabkan bahan granit akan retak atau bahkan pecah.

Karena itulah lebih baik untuk melakukan screeding terlebih dahulu pada permukaan dinding agar lebih rata dan lebih bersih dari kotoran yang mengganggu. Namun setelah menyelesaikan proses screeding Anda jangan langsung memasangkan bahan granitnya, tunggu dulu sampai dinding benar-benar sudah kering baru lakukan langkah selanjutnya.

  1. Gambar pola

Sebagai panduan untuk memasangkan granit di dinding, maka cobalah untuk menggambar polanya terlebih dahulu di dinding. Sesuaikan pola dengan ukuran bahan granit yang akan digunakan. Carilah titik tengah dinding dan mulai untuk menggambar polanya dari tengah dengan menggunakan tali berkapur agar lebih mudah. Hal ini juga penting untuk mengecek apakah ada bahan granit yang perlu dipotong jika permukaan yang tersisa berukuran lebih kecil dari ukuran bahan granitnya. Gunakan cara memotong granit yang benar agar bahan granit tidak pecah.

  1. Tanda angkur dan paku

Setelah selesai menggambar polanya, sekarang Anda juga harus memberikan tanda untuk posisi kawat, paku serta angkur yang akan digunakan menahan bobot bahan granit di dinding. Pemberian tanda ini untuk memudahkan pemasangan agar lebih cepat dan lebih lancar lagi.

  1. Pasangkan kawat dan angkur

Setelah semua tanda untuk angkur dan paku sudah tersedia, sekarang saatnya memasangkan kawat dengan bantuan paku tersebut dan angkurnya sesuai dengan posisi yang sudah ditandai tadi.

  1. Pasangkan bahan granit

Setelah kawat dan angkur terpasang sekarang saatnya untuk memasangkan bahan granitnya ke dinding. Namun terlebih dahulu Anda harus melubangi bahan granit tersebut sebagai lubang untuk dikaitkan pada angkur. Setelah diberi lubang barulah Anda dapat memasangkannya ke angkur yang ada di dinding. Perlu diketahui bahwa memasangkan bahan granit lebih baik dari bagian tengah terlebih dahulu baru keluar, hal ini dilakukan agar hasil akhirnya lebih rapi. Pasangkan juga secara vertikal terlebih dahulu baru ke arah horizontalnya.

  1. Isikan nat dan finishing

Langkah terakhir adalah dengan mengisikan nat ke celah di antara setiap bahan granit yang sudah terpasang. Tunggu dulu selama seharian penuh sampai nat tersebut benar-benar sudah kering baru setelahnya Anda dapat melakukan finishing yang diinginkan.

Demikianlah cara pasang granit dinding yang benar yang perlu diketahui oleh semua orang yang berminat untuk menggunakan bahan granit sebagai pelapis dinding rumah.