Motif granit untuk teras ternyata harus memenuhi kriteria tertentu karena cuaca yang dapat menimpa teras kapan saja. Teras adalah tempat terbuka sehingga ketika hujan, airnya bisa menggenangi teras dan ketika panas maka cahaya akan mengenai lantai di teras. Oleh karena itu, perhatikan tips berikut ini untuk memilih motif granit untuk teras.

Tips Memilih Motif Granit untuk Teras

Granit menjadi bahan bangunan yang sedang naik daun. Banyak orang yang sudah menggunakan granit sebagai bahan pada lantai rumah mereka. Penggunaan granit ini ternyata dapat memberikan kesan sejuk dan nyaman jadi tidak heran jika sudah banyak penggemar yang menggunakannya. Jika Anda masih merasa ragu untuk memilih granit karena harga yang cukup mahal, maka Anda wajib mengetahui berbagai kelebihan yang dimiliki oleh granit ini. Harga yang tinggi akan terbayarkan dengan kualitas yang diberikan.

Granit memiliki beberapa keunggulan, antara lain kesan alami yang begitu kuat, memiliki corak yang bervariasi dan indah, proses pemasangan dapat dilakukan dengan lebih cepat, varian desain granit untuk teras yang begitu banyak, pori-pori kecil sehingga tahan terhadap kotoran atau debu, tahan terhadap goresan, dan yang terakhir adalah mudah dibersihkan. Kelebihan di atas akan semakin meyakinkan Anda untuk memilih granit sebagai bahan untuk lantai rumah Anda.

Jika Anda sudah merasa yakin maka kini saatnya memilih motif lantai granit untuk teras, yaitu:

  1. Bahan tahan cuaca

Teras merupakan salah satu ruangan dari rumah yang terbuka. Beberapa teras mungkin masih memiliki atap tapi tetap saja tidak ada dinding yang menutupinya dari hembusan angin, cahaya matahari atau air hujan. Itulah kenapa granit untuk lantai disarankan adalah granit yang memiliki daya tahan lebih baik, terlebih daya tahan untuk berbagai cuaca, seperti ketika panas, hujan, berangin dan lain sebagainya. Apabila granit memiliki daya tahan yang baik maka lantai tersebut akan bertahan lebih lama dengan kualitas yang tetap terjaga. Namun, jika Anda tidak memperhatikan untuk pemilihan jenis granit untuk teras, bisa-bisa baru satu tahun, lantai Anda akan rusak, berlumut, retak atau lain sebagainya. Oleh karena itu, pastikan jika bahannya mempunyai daya tahan lebih baik.

  1. Paduan warna cerah dengan putih

Memberikan kesan segar di depan rumah sangat penting untuk membentuk kesan pertama dari tamu. Ketika tamu datang maka mereka akan melewati teras rumah. Apabila teras terlihat ceria dan menyenangkan maka tamu juga akan merasa senang. Berbeda jika kita mendesain teras dengan penuh warna gelap maka rumah akan terlihat suram dan menakutkan. Oleh karena itu, pilihlah granit dengan warna yang cerah. Akan lebih menarik jika Anda memadukan warna cerah tersebut dengan warna putih. Kesan menyenangkan, bahagia, dan ceria akan terasa ketika Anda memasuki teras rumah. Hal ini harus diimbangi dengan perawatan yang lebih ekstra karena warna terang rentan terhadap kotoran.

  1. Permukaan kasar atau motif bertekstur

Granit sendiri memiliki berbagai jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Untuk bahan lantai di teras maka tepat jika Anda memilih granit dengan permukaan kasar atau adanya motif batu granit untuk teras rumah. Hal ini berguna untuk mencegah licin pada lantai. Bayangkan saja jika saat ini musim hujan maka cipratan air bisa sampai ke teras dan air menggenang di teras. Apabila teras dibuat dengan granit licin maka orang yang melewati teras akan mudah terpeleset. Oleh karena itu, pastikan jika permukaan lantai di teras sedikit kasar agar tidak mudah terselip saat melewatinya.

  1. Ukuran granit

Sebelum membeli keramik berbahan granit ini maka pastikan terlebih dahulu di mana teras akan dibangun dan berapa ukurannya. Bagi beberapa orang mungkin menganggap bahwa teras kurang dibutuhkan sehingga ukurannya akan dipersempit, berbeda dengan orang yang lebih suka berada di teras maka ukurannya juga akan lebih luas. Ukurlah terlebih dahulu berapa luas ruangan yang akan dijadikan sebagai teras. Setelah itu, Anda bisa menentukan berapa granit yang dibutuhkan untuk menutupi lantai tersebut. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam memperhitungkan pengeluaran yang harus dibayarkan karena granit ini biasanya dijual per meter atau ada yang menjualnya secara satuan langsung.

  1. Paduan warna kuning gading dengan coklat

Memberikan warna halus di teras akan membuat siapa saja yang berada di sana merasa nyaman. Salah satu warna halus yang sedang menjadi tren adalah kuning gading. Warna ini mungkin setipe dengan warna cream sehingga rumah akan terasa lebih sejuk. Selain warna tersebut, Anda juga bisa menggunakan granit dengan bahan lain agar terlihat lebih menarik. Jika Anda memilih warna kuning gading maka coklat adalah warna yang tepat untuk dikombinasikan. Kedua warna ini dapat berpadu dengan begitu indah.

Demikian tips ketika Anda tertarik untuk mengaplikasikan motif granit untuk teras di rumah agar semakin cantik.