Cara pasang marmer kering sebenarnya mirip dengan metode pemasangan marmer sistem basah. Meskipun ada beberapa langkah yang berbeda, namun persiapan dan finishing yang dilakukan pada dasarnya sama. Jika cara pasang marmer basah dilakukan untuk pemasangan marmer pada lantai maka untuk pemasangan marmer sistem kering dilakukan untuk pemasangan marmer pada dinding.

Pada sistem kering, marmer akan ditahan menggunakan kawat angkur serta angkur itu sendiri agar tetap berada di tempatnya. Karena dinding merupakan permukaan yang vertikal, maka diperlukan sesuatu yang dapat menahan beban marmer. Karena beban marmer cukup berat maka cairan perekat yang biasa digunakan pada pemasangan marmer basah tidak akan cukup kuat menahan beban marmer di dinding. Karena itulah penggunakan kawat dan angkur dilakukan untuk pemasangan marmer dengan system kering ini.

Cara pemasangan marmer yang benar dengan sistem kering

Penggunaan marmer pada dinding akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih elegan dam mewah. Karena itulah banyak yang menyukai bahan marmer untuk melapisi dinding rumah mereka. Berikut adalah cara pemasangan marmer pada dinding yang benar dengan menggunakan sistem kering:

  1. Persiapan alat dan bahan

Pertama-tama Anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Jangan lupa alat perlindungan seperti sarung tangan dan kacamata pelindung agar terlindung dari bahaya saat memasang marmer di dinding.

  1. Persiapan marmer

Selanjutnya perlu dilakukan pula persiapan pada marmernya. Pastikan tidak ada retakan yang dapat membuat marmer menjadi pecah saat dipasang di dinding. Lihat juga permukaannya dan pastikan tidak ada goresan yang dapat mengurangi keindahan dari marmer itu sendiri.

  1. Cocokan tekstur dan warna

Seperti diketahui marmer sendiri memiliki berbagai macam warna, bahkan meskipun warnanya sama-sama putih sering kali warna tersebut tidak seragam. Karena itulah Anda harus memcocokan warna yang ada dan pastikan semua warnanya seragam.

Selain warna, marmer juga memiliki tekstur dengan alur tersendiri. Bahkan setiap marmer memiliki alur tekstur yang berbeda. Karena itulah perlu dilakukan penyeragaman alur agar teksturnya memiliki arah yang sama dan berkesinambungan sehingga terlihat cantik saat dipasang.

Coba gelarlah semua marmer tersebut dan cocokkan warna serta arah alur teksturnya. Jangan lupa untuk memberikan kode agar tahu arah teksturnya saat nanti dipasangkan. Saat membeli marmer, terkadang ada pula yang sudah memiliki kode sehingga Anda tidak perlu memeriksa keseragaman warna dan mencocokkan arah alur teksturnya. Dengan demikian Anda dapat melewati proses ini dan langsung lanjut ke proses berikutnya. Namun harga marmer dinding yang sudah memiliki kode ini dapat berbeda dengan yang tidak memiliki kode.

  1. Persiapan dinding

Selain marmernya, Anda perlu juga mempersiapkan dinding yang akan dipasangi marmer. Gunakan level untuk memastikan dinding tersebut rata dan tidak ada yang menonjol. Jika marmer dipasang pada dinding yang tidak rata maka kemungkinan besar akan pecah atau retak. Pastikan juga dinding sudah di-scred serta dalam keadaan yang kering.

  1. Gambar pola di dinding

Sebelum memasangkan marmer di dinding, lebih baik gambarlah pola di dinding sesuai dengan pola yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Pakai tali berkapur untuk menuangkan pola yang sudah direncanakan ke dinding dengan lebih mudah.

  1. Buat tanda untuk kawat angkur, angkur dan paku

Dari sini, cara pemasangan dinding marmer berbeda dengan cara pemasangan lantai marmer. Setelah gambar pola selesai sekarang saatnya untuk membuat tanda tempat memasang kawat angkur sesuai dengan pola yang sudah digambar tadi. Buatlah tanda dimana paku harus ditancapkan untuk memasangkan kawat tersebut. Dan buatlah tanda dimana angkur harus dipasang untuk memasang marmer.

  1. Pasang kawat angkur, angkur dan paku

Setelah semua tandanya siap segera pasangkan kawat angkur dengan bantuan paku sesuai dengan tanda yang sudah dibuat tadi. Kemudian pasanglah angkur sesuai dengan tanda yang sudah dibuat tadi.

  1. Lubangi marmer dan pasang.

Jangan lupa Anda harus melubangi marmer sebagai tempat untuk mengaitkan angkur pada dinding ke marmer tersebut. Setelah dilubangi Anda dapat memasangkan marmer dengan cara mengaitkannya pada angkur yang sudah dipasang di dinding. Saat memasang marmer ke dinding lebih baik mulai dari sisi yang vertikalnya terlebih dahulu baru menuju ke sisi horizontalnya.

  1. Isi celah dengan nat dan bersihkan

Saat memasang marmer ada celah diantara masing-masing marmer. Anda perlu menutup celah tersebut dengan menggunakan nat. Bahan nat sendiri bervariasi dan terdiri dari berbagai warna. Karena itu pilihlah bahan nat dengan warna yang sesuai dengan warna dari marmer yang dipasangkan pada dinding. Tunggu sampai nat benar-benar kering sekitar 24 jam baru kemudian Anda dapat membersihkan marmer dari kotoran proses pemasangan.

Demikianlah cara pasang marmer kering yang dapat digunakan untuk memasang marmer di dinding bangunan agar terlihat lebih cantik.