Granit dan marmer countertop dapur paling populer dalam hal material yang sering digunakan. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan sendiri sebagai bahan pembuat countertop terutama dalam hal warna dan modelnya. Marmer dan granit berasal dari batuan alam yang ditambang dan diambil langsung kemudian diolah serta dipoles agar dapat diaplikasikan langsung ke bagian rumah. Selain countertop, sebetulnya material ini juga dapat digunakan untuk penutup lantai maupun dinding pada dapur. Jika Anda berencana mempunyai meja dapur dari bahan-bahan tersebut, maka tidak ada salahnya juga memasang lantai atau dinding dari material yang sama dengan corak warna berbeda.

Persamaan dan perbedaan granit dan countertop sebagai bahan countertop dapur

Bagi kelas ekonomi menengah ke atas, memang material granit dan marmer bisa dijadikan pilihan bahan pembuat meja dapur. Namun, jika Anda merasa bingung ingin memilih antara batuan marmer maupun granit, maka kalian bisa coba mempertimbangkan persamaan dan perbedaan dari kedua batuan alam tersebut:

Persamaan granit dan marmer:

  • Keduanya merupakan material atau bahan yang awet alias tahan lama
  • Marmer dan granit juga memberikan banyak varian warna-warna menarik, mewah, dan berkualitas
  • Marmer serta granit tahan terhadap panas dan goresan
  • Bahan yang sangat bagus untuk diaplikasikan pada dinding, lantai, serta meja dapur
  • Cara pemasangan marmer dan granit kurang lebih sama

Perbedaan granit dan marmer:

  • Harga marmer relatif lebih mahal dibandingkan granit
  • Pori-pori yang terdapat pada permukaan marmer lebih lebar dibandingkan granit sehingga lebih mudah terkena noda
  • Masa jenis batuan marmer juga lebih berat dibandingkan granit

Itulah tadi beberapa persamaan dan perbedaan antara marmer dengan granit yang patut dipertimbangkan sebelum memilih satu diantara keduanya. Marmer sendiri memiliki warna serta corak yang lebih natural dibanding granit sehingga secara estetik jauh lebih kental. Sebetulnya tidak hanya dari hal-hal di atas yang membedakan marmer dengan granit karena dari segi proses serta asal batuannya juga berbeda. Jika marmer berasal dari batuan kapur yang mengeras akibat suhu panas hingga membentuk batuan sedimen, maka batu granit asalnya lebih ke batuan hasil dari metamorfosa gunung berapi yang mempunyai tekstur sangat keras.

Tips pemilihan granit dan marmer countertop dapur paling populer

Dalam memilih countertop marmer atau granit, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pemilihan warna

Granit serta marmer sama-sama menawarkan berbagai macam varian warna dengan pola dan tekstur berbeda. Dari segi warna, marmer memang memberikan warna yang lebih kelihatan natural, namun granit juga tetap mempunyai tampilan menarik. Yang pasti jika lantai Anda sudah mempunyai warna yang gelap, Anda disarankan memasang countertop dengan warna yang cerah apalagi jika ukuran dapur Anda tak begitu lebar sebab hal ini akan memberikan efek ilusi terang yang luas. Sebaliknya Anda bisa memilih warna countertop gelap jika lantai dapur Anda berwarna putih cerah. Keunggulan dari countertop berwarna gela seperti abu-abu dan hitam atau perpaduan keduanya adalah jika terkena noda bandel tidak terlalu kelihatan.

  1. Pemasangan

Soal pemasangan countertop dapur sebaiknya dilakukan oleh profesional agar tidak terjadi kesalahan dan justru membuat material granit atau marmer menjadi berkurang kualitasnya alias rusak. Pemasangan marmer atau granit memang cukup rumit jadi sebaiknya serahkan kepada para ahli.

  1. Perawatan dan kebersihan

Granit dan marmer keduanya sama-sama memiliki pori-pori di permukaannya sehingga akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan setiap hari untuk menghilangkan noda serta kotoran dari aktivitas Anda di dapur. Terutama marmer yang sangat rentan terhadap noda membandel. Bersihkan langsung jika ada cairan tumpah maupun noda yang muncul.

  1. Ukuran

Tips granit dan marmer countertop dapur populer selanjutnya adalah dengan menyesuaikan ukuran countertop Anda dengan ukuran dapur, jangan asal memilih ukuran yang lebar dan panjang kecuali memang dapur Anda berukuran luas. Selain itu, biasanya pada countertop dapur juga terpasang wastafel, perhatikan betul-betul soal ini karena jangan sampai ukuran wastafel terlalu besar sehingga membuat sisa ruangan countertop yang kecil.

  1. Bentuk

Bentuk countertop bermacam-macam, ada yang bentuk persegi panjang dan ada pula yang memasang bentuk persegi. Semua itu tergantung kebutuhan, namun untuk ukuran dapur yang tak begitu luas sebaiknya pilih yang persegi panjang untuk menghemat tempat dengan wastafel yang terinstall di bagian pinggiran.

Itulah sebabnya granit dan marmer countertop dapur paling populer dibandingkan material lainnya apalagi keramik biasanya karena granit serta marmer jauh unggul dalam hal keawetan, ketahanan, serta penampilan. Dengan marmer dan granit, maka tampilan dan desain dapur Anda jadi lebih kelihatan mewah berkelas. Ada bermacam-macam jenis marmer dan granit yang tersedia baik lokal maupun import, pilihlah yang sesuai dengan budget serta fungsinya.