Cara memoles marmer dan granit yang sering digunakan sebagai perabot dan bahan bangunan area rumah maupun perkantoran. Biasanya marmer dan granit diterapkan pada lantai, lapisan dinding dan berbagai perabot. Banyak yang memilih marmer karena memiliki tamilan yang unik dan menarik yakni warnanya khas, teksturnya sangat halus setelah diproduksi oleh industri serta tampilannya yang mengkilap atau mengkilau. Namun karena mobilitas anggota rumah atau para karyawan perkantoran tinggi seperti terjadi gesekan, goresan dan noda membuat tingkat kilauan marmer atau granit lama-lama akan menurun menjadi kusam. Untuk itu, mengembalikan tingkat kilau dan kilap marmer ataupun granit sangat perlu dilakukan dengan langkah-langlah yang tepat.

Cara Memoles Marmer dan Granit

Untuk mengembalikan kilau dan kilat granit yang merupakan salah satu daya tariknya adalah dengan pemolesan. Untuk itu, pilihlah serbuk atau cairan pengkilap marmer dan granit yang tepat supaya hasilnya juga optimal. Berikut ini adalah cara mengkilapkan marmer dengan prosedur yang benar.

  • Clean dan throw

Langkah yang pertama adalah clean and throw yang merupakan proses pembersihan kotoran yang menempel pada marmer ataupun granit. Pada langkah ini juga dilakukan tahapan akumulasi coating yang dapat dterapkan tak hanya pada marmer dan granit namun juga pada teraso yang dilakukan dengan mengaplikasikan cairan Blinz Clean. Penggunaan cairan ini sangat efektif dan memuaskan dalam mengangkat seluruh kotoran dan noda bahkan sampai ke urat-urat marmer, granit dan terazzo. Tingkat persentase kotoran dan noda yang dapat terangkat bersih dengan cairan ini mencapai 90% bahkan hingga 100% alias bersih sempurna.

  • Fill in the holes

Setelah permukaan hingga urat dibersihkan, langkah yang selanjutnya adalah fill in the holes yakni mengisi atau bahasa tepatnya menambal lubang-lubang pada marmer. Bahan yang digunakan sebagai penambal adalah camuran miles, resin epoxy serta bilingone yang akan mengfhasilkan warna alami marmer. Keunggulan perpaduan bahan ini lainnya antara lain tidak menimbulkan kesan kasar atau benjolan pada permukaan marmer yang ditambal dan warnanya terlihat sangat alami sehingga tidak menimbulkan kesan belang apabila dilihat dari kejauhan atau jarak dekat.

  • Reflat

Sebelum mengaplikasikan cara mengkilapkan marmer pada lantai, dinding, meja atau perabit lain, proses yang dilakukan setelah penambalan adalah perataan tambalan marmet dengan bahan diamond disk berskala besar. Pemerataan dengan bahan ini tidak akan menimbulkan goresan atau gelombang pada permukaan marmer sehingga teksturnya tetap halus.

  • Refine

Cara yang selanjutnya adalah refine yang merupakan proses menghilangkan goresan yang terdapat pada permukaan marmer yang terjadi karena gesekan terus menerus atau faktor lainnya. proses ini juga dilakukan dengan pengaplikasian diamond disk namun dengan skala kecil.

  • Recolor

Setelah proses pengupasan skala kecil pada marmer ataupun granit, langkah yang harus ditempuh adalah mewarnai kembali dengan warna alami marmer atau granit tersebut. Untuk dapat mengembalikan warna alami dari marmer atau granit, bahan serbuk polishing powder yang dapat menghasilkan reaksi karena kandungan bahan kimianya sehingga menciptakan warna asli marmer atau granit setelah diaplikasikan. Keuntungan lain dalam penggunaan serbuk ini adalah tidak memiliki kandungan asam yang terlalu tinggi. Kandungan asam yang terlampaui tinggi justru dapat membuat marmer atau granit mudah rapuh.

  • Crystallization

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mengaplikasikan cara mengkilapkan granit untuk proses kristalisasi. Proses ini berfungsi untuk memancarkan kembali kilau dan kilap marmer atau granit yang sudah kusam karena mobilitas pemakaian. Penggunaan cairan pengkilap atau crystal clear memiliki beberapa keunggulan yang dapat dirasakan dengan cepat setelah pengaplikasiannya. Beberapa keunggulan dari cairan ini antara lain mampu memancarkan kilau dan kilap yang nyata atau asli dari marmer atau granit dan yang lebih istimewa lagi, cairan ini mampu mengoptimalkan pancaran kilauan dan kilap marmer atau granit menjadi lebih memukau dan tahan lama.

  • Coating

Proses coating sangat recommended untuk dilakukan setelah selesai dengan langkah pengkilauan kembali atau crystallization. Proses ini adalah melapisi permukaan marmer atau granit dengan cairan khusus sehingga pancaran kilau dan kilap akan sulit memudar dan tahan lama. Cairan khusus yang digunakan dalam proses ini adalah profesional wax strip. Dengan mengaplikasikan cairan kimia tersebut dapat secara efektif dalam mencegah munculnya flek, noda dan cairan berbahaya yang dapat masuk hingga ke pori serta urat marmer atau granit yang akhirnya dapat menimbulkan kerusakan. Pengalikasian cairan ini memiliki beberapa keuntungan antara lain preoteksi seal mampu masuk hingga bagian paling dalam untuk melindungi kilauan marmer dari berbagai gangguan dan tidka menimbulkan kesan terdapat lapisan dan terlihat sangat natural.

Demikianlah informasi mengenai beberapa cara memoles marmer dan granit yang cukup muah dilakukan. Selamat mencoba!